Senin, 29 September 2025

Mahasiswa KKNT UNA Edukasi UMKM, Pentingnya Rasa dan Kemasan Terhadap Nilai Jual Produk Olahan

Administrator - Senin, 29 September 2025 17:59 WIB
Mahasiswa KKNT UNA Edukasi UMKM, Pentingnya Rasa dan Kemasan Terhadap Nilai Jual Produk Olahan
IST
Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Universitas Asahan (UNA) melaksanakan kegiatan pemberdayaan UMKM keripik singkong di Desa Sei Beluru Asahan.

POSMETRO MEDAN,Asahan– Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Universitas Asahan (UNA) melaksanakan kegiatan pemberdayaan UMKM keripik singkong, di Desa Sei Beluru melalui inovasi varian rasa serta pembuatan desain kemasan yang lebih menarik.

Langkah ini dilakukan dengan tujuan memperkuat strategi pemasaran dan meningkatkan daya saing produk keripik singkong di pasaran.

Dalam pelaksanaan program pemberdayaan UMKM keripik singkong, mahasiswa KKNT Universitas Asahan bertindak sebagai pendamping yang mengumpulkan data, memberikan bimbingan, serta memperkenalkan inovasi kemasan dan varian rasa baru.

Baca Juga:

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Bapak Sugianto, selaku Sekretaris Desa Sei Beluru, Dr. Sri Rahayu, M.Pd, selaku Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), para Ibu PKK, dan Ibu Ayu selaku mitra UMKM keripik singkong.

Baca Juga:

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Universitas Asahan (UNA) melaksanakan kegiatan pemberdayaan UMKM keripik singkong di Desa Sei Beluru Asahan.(Ist)

Partisipasi berbagai pihak tersebut menjadi bukti nyata dukungan terhadap pengembangan UMKM lokal. Kehadiran mereka sekaligus mempererat sinergi antara mahasiswa, pemerintah desa, organisasi masyarakat, dan pelaku usaha agar produk keripik singkong mampu berkembang lebih optimal dan memiliki daya saing yang lebih kuat di pasar.

"Pemberdayaan ini sangat penting untuk meningkatkan kualitas produk lokal. Dengan adanya inovasi rasa dan kemasan baru, kami berharap keripik singkong dari Desa Sei Beluru dapat lebih dikenal dan diterima oleh konsumen luas," ujar Micael, Koordinator Tim KKNT.

Selain inovasi, kegiatan ini juga menekankan edukasi kepada pelaku UMKM tentang bagaimana rasa dan kemasan berpengaruh besar terhadap nilai jual produk olahan.

Mahasiswa menjelaskan bahwa variasi rasa mampu menarik lebih banyak segmen konsumen, sementara kemasan yang menarik dapat menambah citra profesional dan meningkatkan kepercayaan pembeli.

Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Tematik (KKNT) Universitas Asahan (UNA) melaksanakan kegiatan pemberdayaan UMKM keripik singkong di Desa Sei Beluru Asahan.

Para pelaku UMKM menyambut baik inisiatif ini karena edukasi yang diberikan membuka wawasan baru tentang pentingnya diferensiasi produk.

Mahasiswa juga memperkenalkan strategi pemasaran digital sederhana melalui media sosial, sehingga UMKM tidak hanya memiliki produk yang berkualitas, tetapi juga memahami cara memperluas pasar dengan lebih efektif.

"Adanya pendampingan ini sangat membantu, terutama dalam hal desain kemasan. Produk kami kini terlihat lebih menarik dan siap dipasarkan ke berbagai kalangan," kata Ibu Ayu, pelaku UMKM keripik singkong.

Program inovasi sekaligus edukasi ini menjadi bukti nyata kontribusi mahasiswa KKNT Universitas Asahan dalam mendorong penguatan ekonomi masyarakat.

Dengan adanya sentuhan kreatif, pemahaman tentang pentingnya rasa dan kemasan, serta strategi pemasaran modern, keripik singkong dari Desa Sei Beluru diharapkan mampu berkembang dan bersaing di era yang semakin kompetitif.(Tim MahasiswaKKNT UNA/Red)

Editor
: Faliruddin Lubis
Tags
beritaTerkait
Mahasiswa KKNT UNA Bantu UMKM Keripik dan Kerupuk Masuk Google Maps
Kapolres Simalungun AKBP Marganda Aritonang Janji Penyelidikan Terang dan Transparan
Kesatuan Mahasiswa Tarbiyah Islamiyah Desak Kejatisu Usut Citraland Gama City
Akhirnya Massa Unjuk Rasa Diterima Fraksi PAN
Syah Afandin Lepas Putri Langkat Wakili Sumut di MTQ Mahasiswa Nasional
Airin Rico Waas Berkomitmen Dukung UMKM Medan
komentar
beritaTerbaru